-->

Kesiapan Jaringan 5G di Indonesia

Jaringan 5G di Indonesia

Selama tahun ini, pembicaraan hangat dalam dunia teknologi dan telekomunikasi di Indonesia tidak jauh-jauh dari jaringan 5G. Jaringan generasi terbaru ini adalah evolusi dari jaringan 4G. Indonesia pasti tidak mau ketinggalan mengadopsi jaringan 5G sebab menawarkan bermacam pembaruan, misalnya kecepatan internet yang dapat mempengaruhi terhadap kesempatan bisnis baru. Terlebih kawasan Asia jadi salah satu pemimpin dalam teknologi ini.

Korea Selatan jadi negeri asal yang mengadopsi 5G secara komersial. Di Korea jaringan 5G telah dapat dinikmati di telepon seluler. Indonesia memang belum tahu pasti kapan jaringan 5G akan dapat di pakai di dalam negeri. Tetapi, Direktur Jenderal Sumber Energi dan Fitur Pos dan Informatika Departemen Komunikasi dan Informatika, Bapak Ismail. Mengatakan bahwa 5G diharapkan tiba di waktu yang pas saat masuk ke Indonesia.

Indonesia, kala 5G masuk, telah siap memakai teknologi tersebut sehingga tidak cuma jadi tempat untuk memasarkan 5G. Walaupun juga belum jelas kapan 5G hendak masuk Indonesia, pemerintah dan lembaga yang ikut serta, tercantum industri telekomunikasi, telah mempersiapkan bermacam perihal supaya bisa mengadopsi jaringan 5G.

1. Pembangunan Infrastruktur 5G di Indonesia

Salah satu tantangan besar jaringan telekomunikasi di Indonesia merupakan daerah yang luas sehingga sebaran jaringan tidak menyeluruh. Belum seluruh wilayah di Indonesia merasakan jaringan 4G, untuk itu pemerintah dan operator seluler terus berupaya memperluas jangkauan 4G ke bermacam daerah di Indonesia.

Tiga paket jaringan tulang punggung serat optik Palapa Ring, salah satu program utama untuk menyambungkan segala daerah Indonesia ke jaringan telekomunikasi, telah berakhir seluruhnya tahun ini. Operator seluler diharapkan bisa menggunakan infrastruktur ini untuk menarik kabel ke tower base transceiver station ataupun BTS.

Pemerintah lewat Tubuh Aksesibilitas dan Data( BAKTI) juga mempunyai program membangun 5. 000 tower BTS untuk wilayah tertinggal, terdepan dan terluar Indonesia. Program pembangunan infrastruktur memanglah tidak secara khusus untuk adopsi jaringan 5G di Indonesia nanti, tetapi, Dirjen Ismail pada dini bulan ini melaporkan pembangunan 4G di Indonesia bagaikan persiapan mengarah jaringan generasi terkini tersebut.

Baca Juga: Kesiapan Jaringan 5G di Indonesia

Pemerataan infrastruktur untuk jaringan 4G ditargetkan bisa dimanfaatkan kala Indonesia nanti mengadopsi 5G. Jaringan ini juga dapat berjalan dengan maksimal lewat kabel serat optik sehingga infrastruktur semacam Palapa Ring hendak memastikan mutu kekuatan sistem 5G yang nanti didatangkan oleh operator seluler.

USO yaitu Program umum service obligation, dana yang dikumpulkan dari operator seluler dan juga cara yang digunakan untuk membiayai pembangunan BTS, dalam waktu kedepan diyakini dapat dimaanfatkan untuk keperluan membangun infrastruktur 5G.

2. Uji Coba Jaringan

Dalam hal mempersiapkan jaringan 5G di Indonesia operator seluler selangkah lebih maju, terlihat semenjak 2017 yang lalu bebeprap oerator seluler telah mulai menguji coba jaringan tersebut di lingkup kecil, salah satunya pabrik. Pada saat Indonesia siap mengadopsi 5G nanti, banyak yang memprediksi jaringan ini bukan untuk konsumen luas misalnya jadi informasi internet untuk telepon seluler nemun akan digunakan oleh manufaktur.

Smartfren pada pertengahan tahun ini menguji coba jaringan 5G di pabrik pengolahan kelapa sawit di Marunda, beberapa waktu kemudian, memakai frekuensi 28GHz mm wave. Jaringan 5G di pabrik, dalam uji coba yang telah dilakukan tersebut, 5G digunakan untuk memantau posisi pabrik secara real time, aktual, dipadukan dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dan internet of things( IoT).

Uji coba terkhir oleh Telkomsel yang dilakukan pada akhir November tahun lalu, bekerja sama dengan OPPO, melakukan uji coba jaringan 5G di Batam untuk melakukan panggilan seluler lewat protokol internet( VoIP) di fitur Reno tipe 5G.

3. Pasar 5G di Indonesia

Tidak kalah berarti dalam isu jaringan generasi terkini, tidak hanya permasalahan infrastruktur, Indonesia juga butuh mempersiapkan semacam apa jaringan 5G hendak digunakan di Indonesia. Tadinya telah diketahui bahwa pemanfaatan 5G akan dimaksimalkan pada manufaktur. Operator seluler juga berpendapa bahwa segmentasi 5G di Indonesia yang nampak terdapat di zona bisnis.

Direktur XL Axiata, Yessie D. Yosetya, dalam suatu dialog di Jakarta melaporkan 5G hendak memunculkan pemanfaatan dan bisnis baru kala diadopsi di Indonesia. Operator perlu untuk mengenali pasar tertentu yang memerlukan bandwidth lebih besar sehingga isu koneksi yang ada dapat terjawab dengan jaringan 5G.

Pengamat telekomunikasi dari Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi, beberapa waktu kemudian melaporkan 5G di Indonesia bisa digunakan bagaikan pengganti WiFi dan informasi internet di fitur seluler.

4. Spektrum frekuensi 5G

Saat sebelum mengadopsi jaringan 5G, salah satu perihal yang esensial merupakan mempersiapkan spektrum jaringan yang hendak dialokasikan untuk 5G. Pemerintah belum menetapkan spektrum frekuensi yang hendak digunakan untuk 5G sebab masih butuh menata ulang beberapa frekuensi. Frekuensi untuk 5G membutuhkan band rendah( lower band), menengah( middle band) dan besar ataupun upper band.

Di middle band, ada 2 frekuensi ialah 2, 6GHz dan 3, 5GHz, tetapi, saat ini digunakan untuk satelit. Untuk upper band, Indonesia mempunyai spektrum frekuensi 26GHz yang relatif kosong dan jadi salah satu kandidat kokoh untuk dialokasikan ke 5G.

Di lower band, ada frekuensi 700MHz. Namun saat ini masih dipakai oleh siaran tv analog sehingga pemerintah butuh menunggu Undang- Undang Penyiaran jika mau mengalokasikan untuk 5G. Frekuensi lainnya, 800MHz, juga di lower band, digunakan untuk jaringan 4G oleh operator seluler dan telah ditata ulang (refarming) pada April tahun ini.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>