-->

6 Tips Mengatasi Aplikasi Boros Internet

Mengatasi Aplikasi Boros Internet

Baru beberapa hari membeli paket internet, namun saat ini telah habis? Apakah kamu bingung apa sebenarnya yang menyedot banyak data kuotamu? Bisa saja paket internetmu habis oleh aplikasi yang berjalan di belakan layar ataupun aplikasi yang banyak terdapat konten video dan gambar online seperti kebanyakan aplikasi sosial media.

Walaupun aplikasi itu tidak kalian buka, aplikasi ini dapat mengkomsumsi data dalam jumlah yang besar. Lalu, bagaimanakah tips untuk menghentikannya? Kita akan membahasnya pada postingan kali ini!

 

1. Mengatasi Aplikasi Netflix Boros Internet

Aplikasi Boros Internet

Umumnya, kita melihat video di Netflix melalui laptop ataupun Komputer dengan koneksi internet lewat WiFi. Tetapi, ada kalanya kita mau lanjut menyaksikan dengan smartphone, terlebih jika kalian lagi mau menyaksikan series yang kalian senangi. Saat menyaksikan di smartphone, kalian bisa merendahkan kualitas video supaya tidak boros kuota.

Caranya saat membuka aplikasi Netflix, kemudian pilih tombol 3 garis di bagian kiri atas. Scroll sampai ke bawah dan seleksi Pengaturan Aplikasi > Pemakaian Data Seluler. Matikan set otomatis dan seleksi kualitas streaming sedang ataupun rendah saat kalian mengenakan mode seluler. Kalian dapat menyaksikan 4 jam dan cuma menghabiskan 1 GB saja!

2. Mengatasi Aplikasi Youtube Boros Internet

Tips Mengatasi Aplikasi Boros

Kita semua ketahui jika memutar video dari YouTube akan memakan banyak kuota internet. Dilansir dari halaman Canstar Blue, jika kalian memutar video beresolusi 480p sepanjang satu jam akan menghabiskan 264 MB data. Jika resolusi yang kalian pilih 720p (HD) makan akan menghabiskan 870 MB data dalam waktu satu jam dan untuk resolusi 1080p (Full HD) akan memerlukan 1, 65 GB data!

Untuk menghindari supaya tidak boros data, buka YouTube kemudian ketuk profil di sudut kanan atas. Setelahnya, seleksi Pengaturan Umum

Batasi Pemakaian Kuota Seluler. Berikutnya, geser slide jadi On dan kita akan melakukan streaming video HD melalui WiFi saja. Dengan ini, YouTube tidak akan memakan banyak data sebanyak sebelumnya.

3. Instagram

Aplikasi Boros Internet

Instagram adalah sosial media dengan basis foto dan video, Degan in Instagram pastinya lebih banyak memakan data daripada media sosial berbasis bacaan. Data kita dapat tersedot saat video di Instagram diputar secara otomatis. Tetapi, Instagram mempunyai pengaturan di mana kita dapat menghindari preloading video saat mengenakan koneksi seluler.

Caranya gampang, pertama, buka aplikasi Instagram kemudian buka Profil  > Pengaturan > Account > Pemakaian Data Seluler. Kemudian, hidupkan Penghemat Data dan Instagram akan memutar media beresolusi bagus hanya dengan WiFi saja. Saat menggunakan seluler maka video yang diputar akan berkualitas rendah. Langkah kecil ini dapat mengirit paket data internet kita.

4. Facebook

Mengatasi Aplikasi Boros

Siapa yang saat ini masih suka membuka Facebook? Walaupun tidak sering membuka Facebook, namun aplikasi ini dapat menyedot kuota internet lho! Terlebih, jika kita membuka media seperti gambar dan video. Pada setingan default Facebook akan memutar postingan video secara otomatis yang dapat memuat paket datamu cepat habi.

Tenang, kalian dapat menghalangi pemutaran video otomatis cuma untuk WiFi ataupun menonaktifkannya. Pertama, buka aplikasi Facebook, kemudian ketuk ikon 3 garis di bagian kanan atas. Scroll kebawah dan pilihlah Pengaturan

Pengaturan Account > Video dan Gambar > Autoplay. Setelahnya, pilih " On Wi- Fi Connections Only" ataupun "Never Autoplay Videos".

5. Twitter

Tips Mengatasi Aplikasi Boros Internet

Walaupun basic- nya merupakan media sosial berbasis bacaan dan cuitan pendek, kita juga dapat mengunggah gambar dan video ke Twitter. Apabila tiap harinya kalian menghabiskan banyak waktu di Twitter, lebih baik matikan autoplay video yang terdapat di pengaturannya. Lalu, gimana caranya?

Buka aplikasi Twitter dan seleksi Pengaturan dan Pribadi >Konsumsi Data. Di sini, kalian dapat memilah mencentang penghemat data supaya video tidak akan diputar otomatis dan foto akan ditampilkan dengan kualitas lebih rendah. Kalian juga dapat memilah apakah foto berkualitas baik dan video akan diputar dengan WiFi ataupun paket data.

6. Spotify

Mengatasi Aplikasi Boros Internet

Hobi mendengarkan musik di Spotify tiap saat, tetapi tidak mau boros paket internet? Cara ini dapat membantumu untuk menghemat paket data, ialah dengan membuat album ada secara offline. Hal ini dapat dilakukan jika kalian merupakan pelanggan Spotify Premium, begitulah anjuran dari halaman Cnet. Apakah kalian sudah melakukannya?

Dengan akun premium, kita dapat mengunduh album dan palylist agar tidak memerlukan streaming lewat koneksi seluler. caranya, pada tampilan album ataupun playlist, ketuk Unduh untuk mengunduh trek ke gadget sehingga kalian tidak perlu lagi melakukan streaming. Boros ataupun tidaknya paket data juga tergantung pada kualitas streaming yang kita pilih sebelumnya.

Nah, seperti itu 6 aplikasi yang membuat kamu boros paket internet, dan juga tips mengatasinya. Mudah- mudahan panduan ini berguna, ya!

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>