-->

Cara Membuat Foto Hitam Putih Menjadi Berwarna

Cara Membuat Foto Hitam Putih Menjadi Berwarna

Semakin lama sebuah foto tentu semakin bertambah nilai kenangan yang dimiliki. Karena seiring waktu kita akan semakin sulit untuk mengulang kenangan tersebut. Menyimpan foto lama tentu memiliki banyak nilai positif, kita bisa kembali mengingat masa lalu dengan orang terkasih kita. Sayangnya kualitas foto zaman dahulu tidak sebagus sekarang, bahkan kemungkinan foto saman dahulu hanya foto hitam putih yang tidak memiliki warna. Namun jangan khawatir kamu tidak akan kehilangan kenangan-kenanganmu itu. Karena kali ini kita akan membahas cara membuat foto hitam putih menjadi berwarna. simak terus artikel ini ya

Foto hitam-putih memiliki kualitas unik seperti mimpi, tetapi terkadang mengonversinya menjadi warna penuh dapat membantu generasi baru untuk lebih memahami sejarah keluarga mereka.

Bagaimana Cara Mewarnai Foto Hitam Putih? 

Banyak orang mencoba menambahkan warna ke gambar hitam-putih menggunakan perangkat lunak khusus, tetapi ini bisa memakan waktu – belum lagi kurva pembelajaran curam yang dimiliki banyak program ini! Orang lain mungkin memilih solusi cepat dan kotor, menggunakan pembelajaran mesin AI untuk menambahkan warna ke gambar asli. Namun, ada margin kesalahan yang cukup besar saat menggunakan aplikasi online gratis yang didukung AI ini, yang dapat membuat foto hitam-putih antik Anda terlihat lebih buruk untuk dipakai.

Jadi, jika Anda mencari cara yang cepat dan andal untuk mewarnai foto hitam-putih, pertimbangkan untuk bekerja dengan seorang profesional. Pusat Pemulihan Gambar dapat menyempurnakan, memoles, dan mewarnai gambar Anda dalam sekejap.

Tetapi jika Anda ingin mendapatkan foto kaya warna itu sendiri, baca terus.

1. Image Colorizer

Image Colorizer

Aplikasi online Image Colorizer secara otomatis mewarnai gambar Anda secara gratis. Warnai AI -nya ! alat ini menggunakan teknologi AI untuk mewarnai gambar hitam putih secara alami. 

Aplikasi ini juga menawarkan tiga alat restorasi lain untuk menyempurnakan foto lama Anda. 

AI Tingkatkan! membantu memperjelas foto lama yang buram atau berkualitas rendah. Perbaikan AI! serupa tetapi berfokus pada retouching foto antik dan memperjelas detail di wajah. Akhirnya, Perbaikan AI! berfungsi untuk mengisi retakan atau bagian gambar yang rusak.

Perusahaan menawarkan tiga paket kepada pelanggannya. Paket paling dasar gratis dan memungkinkan pewarnaan gambar tanpa batas hingga 3000 x 3000 piksel. Anda juga mendapatkan kredit terbatas untuk digunakan untuk tiga layanan lainnya. 

Kedua paket berbayar ditagih setiap bulan dan keduanya menawarkan pewarnaan tak terbatas pada gambar hingga 6000 x 6000 piksel. Di mana mereka berbeda adalah dalam menawarkan lebih banyak kredit untuk layanan lain. 

Versi Aplikasi Seluler

Image Colorizer juga memiliki versi seluler yang tersedia untuk pengguna iOS dan Android. Warnai! aplikasi memungkinkan Anda untuk memulai secara gratis tetapi akan menyertakan tanda air pada gambar yang Anda ekspor. 

Tiga fitur pemulihan lainnya juga tersedia di aplikasi seluler.

2. SoftOrbits

SoftOrbits adalah perangkat lunak yang dapat diunduh untuk Windows yang dapat Anda gunakan untuk mewarnai dan menyempurnakan foto-foto lama. Editor foto akan membantu Anda menghilangkan goresan, noise, atau ketidaksempurnaan gambar lainnya. Setelah Anda siap untuk mewarnai, Anda dapat mengklik tombol dan membiarkan aplikasi melakukan sisanya. 

mewarnai dan menyempurnakan foto-foto lama

Perangkat lunak pewarnaan tidak terlalu buruk, tetapi pewarnaan tidak selalu sempurna dalam mode otomatis. Dengan demikian, SoftOrbits menawarkan mode manual yang memungkinkan Anda memilih warna untuk berbagai bagian gambar. Mewarnai ini membutuhkan lebih banyak waktu, tentu saja.

Untuk memanfaatkan yang terbaik dari kedua dunia, Anda juga dapat menjalankan perangkat lunak otomatis terlebih dahulu dan menyesuaikan pewarnaan secara manual setelahnya. 

Untuk mempercepat alur kerja Anda, perangkat lunak ini memungkinkan Anda untuk mewarnai gambar dalam mode batch. 

3. Kromatiks

Chromatix adalah aplikasi ponsel yang tersedia untuk pengguna iOS dan Android. Menggunakan kamera pada perangkat Anda, Anda dapat dengan cepat memindai foto-foto lama Anda. 

Dari sana Anda dapat dengan mudah dan realistis mewarnai gambar Anda dengan mengetuk tombol. Ekspor gambar dan Anda sudah siap!

4. Fotomyne 

Photomyne menawarkan rangkaian aplikasi yang beberapa di antaranya tersedia untuk pengguna Android dan iOS. Beberapa dari mereka dibatasi hanya untuk pengguna iOS. 

Dengan aplikasi ini, Photomyne mengatakan Anda dapat memindai 100 foto dalam 10 menit dibandingkan dengan satu jam dengan aplikasi pesaing. 

Anda tidak hanya dapat mewarnai gambar hitam putih, tetapi Anda juga memiliki akses ke beberapa efek foto. Anda juga dapat membuat kolase foto dan tayangan slide video.

Berbicara tentang video, Anda juga dapat menggunakan Photomyne untuk mewarnai video, yang sangat menakjubkan.

5. Mewarnai Menggunakan Adobe Photoshop

Profesional dan amatir sama-sama menggunakan berbagai aplikasi gratis dan berbayar untuk mewarnai foto, tetapi Adobe Photoshop adalah salah satu pilihan paling populer. Inilah cara Anda dapat mengonversi foto lama Anda di Photoshop dengan waktu, kesabaran, dan pengetahuan teknis yang cukup.

LANGKAH 1: PINDAI GAMBAR HITAM-PUTIH ANDA DAN BUKA DI PHOTOSHOP

Hal pertama yang pertama: siapkan foto lama Anda untuk diwarnai. Keluarkan dari album foto lama Anda dan pindai atau ambil gambar foto tersebut, tetapi pastikan semua detailnya jelas dan terang. Setelah Anda siap, cukup buka foto hitam-putih Anda di Photoshop untuk memulai.

LANGKAH 2: GUNAKAN ALAT SELEKSI CEPAT UNTUK MENGISOLASI LATAR BELAKANG

Setelah foto Anda terbuka dan di ruang kerja Photoshop Anda, buat layer baru. Penyesuaian apa pun yang Anda lakukan pada tahap ini tidak berdampak langsung pada foto – membuat penyesuaian lebih lanjut akan jauh lebih mudah nantinya.

Saat Anda berhasil menambahkan lapisan penyesuaian baru, gunakan alat seleksi cepat untuk mengisolasi latar belakang Anda. Ini akan memilih apa pun di foto Anda dengan warna yang sama. Namun, jika gambar Anda memiliki latar belakang yang rumit, Anda mungkin ingin menggunakan pilihan poligonal atau alat laso dan sebagai gantinya menyesuaikannya.

LANGKAH 3: BUAT LAPISAN ISI WARNA SOLID

Langkah selanjutnya untuk menghidupkan kembali foto lama Anda adalah dengan menambahkan lapisan penyesuaian warna solid baru . Seperti namanya, ini menambahkan warna solid dalam batas pilihan Anda. 

Anda mungkin memperhatikan bahwa setelah membuat lapisan penyesuaian warna solid, Anda akan dapat mengubah dan memilih bayangan dengan cukup mudah. Tapi ada satu masalah: itu menutupi semua yang ada di bawahnya! Itu bagian dari proses, dan langkah selanjutnya akan memperbaiki masalah ini.

LANGKAH 4: UBAH BLEND MODE DARI NORMAL MENJADI OVERLAY

Sekarang setelah Anda menambahkan warna ke gambar Anda menggunakan teknik lapisan isian, Anda memiliki blok warna raksasa alih-alih gambar berwarna sempurna. Untungnya, ini mudah diperbaiki!

Ubah blending mode pada layer Anda dari "normal" menjadi "overlay", dan petak pigmen yang berani akan berubah menjadi aplikasi cahaya merah muda atau warna lain yang Anda pilih.

LANGKAH 5: PERBAIKI DAN RATAKAN SEMUA KETIDAKSEMPURNAAN WARNA

Bahkan ketika Anda dengan hati-hati memilih semua tepi dan membuat layer baru untuk setiap warna, Anda bisa membuat kesalahan. Untungnya, aplikasi pengeditan foto seperti Photoshop membuat perbaikan ini menjadi sangat sederhana.

Navigasikan ke lapisan dengan warna berdarah atau ketidaksempurnaan dan gunakan alat penghapus untuk menghilangkan semua warna berlebih – semudah itu! Dengan trik ini, Anda dapat mewarnai foto hitam-putih dan membuatnya terlihat hampir profesional.

LANGKAH 6: GUNAKAN METODE YANG SAMA UNTUK WAJAH DAN KULIT

Kunci untuk pewarnaan foto yang tepat adalah terorganisir, dan Photoshop unggul dalam memisahkan warna menjadi beberapa lapisan untuk diedit nanti. Baik Anda mewarnai kulit, rambut, atau mata, metodenya sama seperti yang telah kami uraikan sejauh ini. Untuk rekap: 

Buat lapisan baru.

Pilih area yang ingin Anda warnai. (Pastikan warnanya umumnya sama!)

Tambahkan warna yang Anda inginkan dengan isian.

Ubah jenis hamparan. 

Anda bahkan dapat menggunakan kombinasi alat kuas dan masker lapisan untuk hasil yang lebih akurat – meskipun memakan waktu.

LANGKAH 7: GUNAKAN ALAT KUAS UNTUK MELUKIS DI ATAS KESENJANGAN

Sekarang setelah Anda mendapatkan gambaran umum tentang cara mewarnai gambar Anda, Anda dapat terus menggunakan metode yang telah kami uraikan hingga foto lama Anda penuh dengan warna. Tapi Anda belum selesai. 

Saat Anda menambahkan warna pada gambar, Anda dapat menyesuaikannya untuk hasil yang lebih baik. Misalnya, kami merekomendasikan penggunaan alat kuas untuk membuat penyesuaian yang sempurna dan menutupi setiap titik yang Anda lewatkan.

LANGKAH 8: SESUAIKAN BAYANGAN, SOROTAN, DAN KONTRAS KESELURUHAN

Ada dua cara untuk menyesuaikan keseimbangan terang/gelap gambar Anda di Photoshop. Yang pertama adalah menggunakan lapisan penyesuaian hitam-putih untuk memperbaiki seluruh gambar dengan cepat, tetapi ini mungkin tidak selalu memberikan hasil yang Anda inginkan .

Jika Anda memiliki waktu dan pemahaman umum tentang cahaya dan fotografi, Anda dapat secara manual menyikat area terang dan gelap dengan alat dodge dan burn. Ini dapat menambahkan lapisan dimensi dan kontras tambahan pada kulit, meningkatkan kualitas gambar Anda secara keseluruhan, dan secara umum memberikan foto Anda tampilan ekstra selain menambahkan warna baru.

Kesimpulan

Ada beberapa opsi lain di luar sana, terutama aplikasi seluler. Mereka masing-masing menawarkan fitur yang berbeda dan keberhasilan yang terbatas dengan mewarnai gambar hitam putih. 

Ketika sampai pada itu, hanya beberapa foto yang dapat dengan mudah diubah secara otomatis menjadi warna. Sayangnya, yang lain akan membutuhkan tangan yang telaten di Photoshop untuk mendapatkan hasil yang layak. 

Dan sementara tangan ahli di Photoshop masih akan melakukan pekerjaan yang lebih baik daripada alat AI ini, kami tidak selalu punya waktu atau uang (atau bahkan kebutuhan) untuk gambar yang sempurna. 

Bersenang-senanglah dengan aplikasi ini dan beri tahu kami pendapat Anda!


Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>