About

7 Dampak negatif Dalam Bermain Sosial Media

7 Dampak negatif Dalam Bermain Sosial Media

Tidak terdapat keraguan jika saat ini media sosial sudah jadi bagian dari kehidupan kita tiap hari. Walaupun kalian mungkin saja tidak, di luar sana masih terdapat sebagian orang yang susah untuk tidak mengunggah story kala makan ataupun berbagi rutinitas di media sosial.

Generasi saat ini didekte oleh budaya likes di Facebook, retweet di Twitter dan followers di Instagram, yang sering kali menyita waktu untuk dapat melakukan kegiatan yang lebih berarti. Lalu apakah manfaat media sosial sebanding dengan waktu yang dihabiskan untuk ‘ketidakpentingan’ itu? Berikut 7 dampak negatif dalam bermain media sosial yang membuatmu harus mengurangi  porsi dalam bersosial media.

1. Membuatmu Fokus Teralihkan ke Orang Lain

7 Dampak negatif Dalam Bermain Sosial Media

Salah satu permasalahan utama media sosial ialah kerap kali membombardir kalian dengan prestasi orang lain. Entah itu tentang sahabat yang mengupload gambar kelulusannya ataupun tweet tentang mobil baru, media sosial secara implisit membuat penggunanya menyamakan diri dengan orang lain.

Karenanya, tidak mengherankan jika riset mengatakan kalau orang yang menghabiskan banyak waktu di media sosial, akan mengalami kenaikan rasa takut dan harga diri yang rendah. Intinya, jangan buang waktu untuk mengamati apa yang orang lain jalani dan sebaliknya, fokuslah pada tujuan dirimu sendiri.

2. Media Sosial Menyajikanmu Realita Palsu

7 Dampak negatif Dalam Bermain Sosial Media

Bukan rahasia lagi apabila media sosial jadi tempat untuk banyak orang untuk tidak jadi diri sendiri. Terdapat banyak orang yang terperangkap di dalam kepalsuan, di mana mereka berupaya membuat hidup mereka terlihat lebih glamor ataupun baik- baik saja, sementara itu aslinya tidak.

Terkadang kita lupa kalau media sosial tidak betul- betul mewakili kehidupan seorang. Kebalikannya, sosial media cuma diisi dengan momen- momen yang diseleksi secara spesial. Sekali lagi, kita wajib lebih dapat memahami akan realitas daripada berupaya memproyeksikan citra tertentu lewat media sosial.

3. Membuat Kebahagiaanmu Tergantung Pada Orang Lain

7 Dampak negatif Dalam Bermain Sosial Media

Memakai media sosial itu beresiko sebab kalian bisa dengan mudahnya terjebak dalam pola pikir mencari pengakuan dari orang lain. Sementara itu kebahagiaanmu tergantung pada apakah kalian menikmati suasana tertentu ataupun tidak, dan bukan apa yang dipikirkan orang lain.

Misalnya, saat kalian mencoba untuk makan makanan yang lezat, kalian seharusnya merasa bahagia sebab rasanya lezat, bukan sebab kalian dapat menemukan lebih dari 100 likes di postingan makanan itu. Walaupun mengasyikkan saat berpikir kalau orang mencermati apa yang kita jalani, sebaiknya kita mulai untuk tidak tergantung pada hal ini.

4. Membuat Berhubungan Melalui Cara yang Tidak Tepat

7 Dampak negatif Dalam Bermain Sosial Media

Terlepas dari kenyataan kalau media sosial diciptakan untuk membangun ikatan ataupun pertemanan, sejatinya media sosial tidak betul- betul menolong penggunanya meningkatkan status pertemanan dengan orang. Interaksi lewat media sosial umumnya terbilang ‘dangkal’ dan tidak mempengaruhi kenyataan terhadap apakah kita menganggap seorang sebagai sahabat.

Memposting gambar sahabat pada media sosial Cuma ‘pemanis’ dalam suatu ikatan, tetapi bukan suatu yang menopang ikatan itu. Karenanya, usahakanlah berhubungan di dunia nyata ataupun melalui metode yang lebih personal, seperti video call.

5. Media Sosial Mengalihkanmu Dari Momen Penting

7 Dampak negatif Dalam Bermain Sosial Media

Media sosial kerap kali membatasi kita untuk mengamati apa yang sesungguhnya terjadi. Salah satu contohnya merupakan saat berkumpul bersama sahabat, tentu terdapat satu yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengecek pembaruan feed Instagram, dibanding berdialog dengan sahabatnya.

Kemudahan untuk melakukan rutinitas pengecekan feed kapan saja ini, membuat kita cenderung kurang menghargai momen- momen berarti. Intinya ialah, media sosial kerap sekali mengurangi keberhargaan sesuatu momen, dan karenanya, kita harus hati- hati saat memakai sosial media.

6. Membuat Hidup Kalian Sangat Publik

7 Dampak negatif Dalam Bermain Sosial Media

Kita cenderung lupa kalau nyaris semua yang kita jalani di media sosial, direkam dengan metode tertentu, entah foto atau video. Ironisnya, kita sendiri yang membuat rekaman itu dengan memberikan suatu yang baru saja ataupun akan kita lakukan via media sosial.

Hal ini dapat jadi permasalahan, apalagi bagi mereka yang tidak mau orang tua ataupun keluarga mereka untuk mengetahui momen tertentu dalam kehidupan mereka. Sangat penting untuk mempertanyakan apakah perlu apalagi nyaman, untuk membagikan begitu banyak informasi tentang hidup kalian kepada publik ataupun orang- orang yang nyaris kalian tidak tahu.

7. Mempersulit Kalian Untuk Move On

7 Dampak negatif Dalam Bermain Sosial Media

Media sosial terkadang membuat kita susah untuk membebaskan masalalu kita. Susah untuk melupakan mantan jika kita masih terus menerus memandang fotonya dengan orang lain. Demikian pula, bisa jadi susah untuk fokus bekerja ataupun belajar, kala sahabat kita terus memposting gambar kala lagi bermain ataupun berhura- hura.

Hal ini berkaitan lagi dengan poin pertama di mana kita kurang fokus pada kehidupan diri sendiri dan lebih fokus pada apa yang dicoba orang lain. Jika mau betul- betul bergerak maju, kita harus menghalangi kendala di dekat kita– tidak terkecuali media sosial.

Demikian tadi pembahasan tentang efek negatif dalam bermain media sosial. Yang terpenting ialah kita wajib ingat kalau terdapat dunia asli di luar sosial media. Kita tidak harus khawatir untuk sesekali meletakkan smartphone kita dan menjelajahi dunia luar yang indah.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Buka komentar
Tutup komentar

Belum ada Komentar untuk "7 Dampak negatif Dalam Bermain Sosial Media"

Posting Komentar

Subcribe

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel