About

5 Tips Sebelum Membeli MicroSD

5 Tips Sebelum Membeli MicroSD

Penggunaan smartphone pada masa sekarang telah menjadi hal yang mendasar. Baik kegiatan hiburan, belajar, maupun bekerja semuanya tak akan berjalan normal lagi tanpa adanya smartphone. Seiring berjalannya waktu penggunaan smartphone pasti memerlukan semakin banyak memori. Terkadang memori internal smartphone tak lagi mencukupi untuk menampung banyaknya data yang disimpan. Menggunakan memori MicroSD kerap dilakukan oleh kita untuk mengatasi masalah ini. Namun, tahukah kamu bagaimana cara memilih MicroSD yang tepat untuk smartphone milikmu? Inactiontech punya beberapa tips yang bisa membantumu memilih MicroSD yang tepat untuk smartphone milikmu. Apa sajakah itu? Lihat tipsnya berikut ini.

1. Berapa Banyak Memori yang Kamu Butuhkan?

5 Tips Sebelum Membeli MicroSD

Tidak selalu yang lebih besar itu lebih baik. Begitu juga ketika kamu memilih MicroSD yang tepat untuk smartphone milikmu. Memiliki MicroSD dengan kapasitas 1 TB mungkin membuatmu merasa lega. Namun, untuk ukuran smartphone ukuran 1 TB agaknya terlalu besar. Jika kamu memiliki data sebanyak itu di smartphone sebaiknya pindahkan saja ke komputer agar data lebih aman dan mudah dalam memanajemen datanya.

Sesuaikan MicroSD yang kamu beli dengan kebutuhanmu. Jika kamu menggunakan smartphone untuk keperluan yang membutuhkan memori seperti pengambilan video, MicroSD dengan ukuran 500 GB sudah sangat cukup. Jika kamu hanya menggunakan smartphone untuk keperluan lain seperti menyimpan dokumen, alangkah baik jika kamu menggunakan memori lebih kecil lagi.

2. Ketahui Kapasitas MicroSD Maksimal Smartphone Milikmu

5 Tips Sebelum Membeli MicroSD

Tidak semua ukuran memori MicroSD akan kompantibel dengan smartphone milikmu. Lihat kembali spesifikasi smartphone milikmu pada boks smartphone atau pencarian di internet. Umumnya smartphone high-end mendukung memori MicroSD dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan smartphone medium-end maupun low-end. Jika kamu menggunakan MicroSD dengan memori yang lebih besar dari yang didukung oleh smartphonemu. Bukan saja smartphonemu akan kesulitan memproses data, namun kemungkinan smartphone milikmu juga tidak akan bisa membaca MicroSD tersebut. Jadi perhatikan baik-baikya kapsaitas memori MicroSD yang didukung oleh smartphonemu.

3. Perhatikan Class MicroSD

Apakah kamu tahu jika MicroSD memiliki kelas? Kelas yang ada pada MicroSD ini menunjukkan seberapa cepat kemampuan MicroSD dalam mentransfer data. Setidaknya terdapat 5 kelas MicroSD yang berada di pasaran sekarang. Yaitu sebagai berikut.

  • MicroSD Class 2 memiliki kecepatan 2 MB perdetik.
  • MicroSD Class 4 memiliki kecepatan 4 MB perdetik.
  • MicroSD Class 6 memiliki kecepatan 6 MB perdetik.
  • MicroSD Class 8 memiliki kecepatan 8 MB perdetik.
  • MicroSD Class 10 memiliki kecepatan 10 MB perdetik.

Semakin tinggi Class semakin tinggi pula kecepatan transfer datanya. Perlu diketahui bahwa kecepatan tersebut adalah kecepatan mimimum yang dapat dilalukan. Sering kali transfer data akan berjalan lebih cepat dari kecepatan tersebut. Terlebih jika kamu melakukan transfer data dengan PC/laptop kecepatan data transfer mungkin jauh lebih tinggi. Tentu saja memilih MicroSD dengan kecepatan tinggi lebih baik. lebih cepat berarti juga menghemat waktu. Namun sekali lagi, belilah sesuai kebutuhanmu ya.

4. Perbedaan Memori Micro SDHC dan Memori Micro SDXC

5 Tips Sebelum Membeli MicroSD

Selain class MicroSD kamu juga harus memperhatikan yang satu ini. Yaitu memilih antara MicroSD SDHC atau MicroSD SDXC. SDHC atau Secure Digital High Capacity ialah memori MicroSD yang pada umumnya memiliki kapasitas antara 4 GB sampai 32 GB. Sedangakan SDXC atau Secure Digital eXtended Capacity ialah memori MicroSD yang pada umumnya memiliki kapasitas lebih dari 32 GB.

Sebaiknya kamu menyesuaikan tipe ini dengan kebutuhan memori yang kamu perlukan. Misalnya jika kamu memerlukan memori sebesar 16 GB maka belilah tipe SDHC. Baik SDHC ataupun SDXC, keduanya tidak memiliki perbedaan dari segi kecepatan transfer data.

5. Mengenal Memori MicroSD UHS

Jika kamu memerlukan MicroSD dengan kecepatan tinggi, kamu dapat menggunakan MicroSD UHS ini. MicroSD UHS atau Ultra High Speed menawarkan kecepatan yang sangat tinggi saat mentransfer data. Kelas terendahnya saja memiliki kecepatan transfer data hingga 104 MB perdetik. MicroSD UHS memiliki tiga kelas, yaitu UHS - I, UHS – II, dan UHS – III.

  • UHS-I memiliki kecepatan transfer antara 10 MB/detik hingga 104 MB/detik
  • UHS-II memiliki kecepatan transfer antara 20 MB/detik hingga 300 MB/detik
  • UHS-III memiliki kecepatan transfer antara 30 MB/detik hingga 624 MB/detik

Demikianlah 5 Tips Sebelum Membeli MicroSD, apakah setelah membaca tips diatas kamu sudah menentukan pilihan? jangan lupa berikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Buka komentar
Tutup komentar

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Sebelum Membeli MicroSD"

Posting Komentar

Subcribe

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel