About

Processor Mediatek vs Snapdragon, Siapa Lebih Baik?

Processor Mediatek vs Snapdragon, Siapa Lebih Baik?

Kali ini kita akan mangulas Perbedaan Processor Mediatek vs Snapdragon. Saat kamu ingin membeli HP baru tentu bingung karena banyaknya merek dan spesifikasi yang harus diseleksi. Salah satunya adalah dalam memilih processor yang tepat. Dalam hal processor smartphone pada masa ini tentu kita paling mengenal Mediatek dan Snapdragon. Processor memanglah jadi pertimbangan utama saat membeli HP. Processor yang bagus pastinya dapat membuat performa HP kian baik. Processor juga jadi salah satu aspek penentu harga HP. Semakin tinggi kualitas processor maka semakin tinggi pula harga HP tersebut.

Setidaknya pada saat ini ada 5 merek processor yang ada di pasaran diantaranya Qualcomm Snapdragon, MediaTek, Exynos, Intel Atom& Apple A series. Dari kelima tipe chipset tersebut cuma terdapat 2 yang sangat kerap kita temui ialah Qualcomm Snapdragon dan MediaTek. Maka dari itu kali ini kita akan membahas Snapdragon dan Mediatek.

Nah, buat kamu yang lagi bimbang dalam memilih processor Snapdragon ataupun Mediatek, mari ikuti apa saja perbedaan antara Mediatek dan Snapdragon.

Apa itu Mediatek?

Mediatek merupakan merek processor asal Taiwan yang didirikan pada tahun 1997. Dibanding Snapdragon, Mediatek masih terkategori processor baru. Meski masih baru, tetapi pertumbuhan processor ini secara global lumayan pesat.

Processor Mediatek vs Snapdragon, Siapa Lebih Baik?

Perbandingan mencolok dari Mediatek vs Snapdragon merupakan dari segi harga. Harga processor Mediatek lebih murah dibandingkan Snapdragon. Oleh karena itu, mayoritas HP yang memakai Mediatek dijual dengan harga yang murah.

Apa Keunggulan Processor Mediatek?

Dapat dikatakan bahwa mediatek adalah produsen processor ataupun chipset yang inovatif. Mediatek sempat meluncurkan processor MT6592 sebagai processor True Octa Core pertama di dunia. Berbeda dengan processor octa core pada biasanya yang terdiri dari 2 buah processor quad core. Processor ini memiliki 8 core ARM Cortex A7 dengan kecepatan sampai 2. 0 GHz.

Tidak hanya itu, Mediatek juga jadi produsen processor deca core pertama di dunia. Di saat mayoritas processor memiliki 8 core, Mediatek berupaya berinovasi dengan menghasilkan processor dengan 10 core. Processor Mediatek deca core pertama di dunia merupakan Mediatek Helio X20, Helio X23, Helio X25, Helio X27, dan Helio X30. Salah satu HP yang memakai processor 10 core ini merupakan Redmi Note 4 yang memakai Helio X20.

Apa itu Snapdragon?

Snapdragon merupakan merek processor asal San Diego, Amerika Serikat. Processor Snapdragon merupakan salah satu produk unggulan Qualcomm yang didirikan pada tahun 1985. Dibanding Mediatek, Snapdragon sangat banyak digunakan di dunia. Alasan mengapa lebih banyak digunakan sebab Snapdragon teknologinya lebih kekinian. Snapdragon juga dianggap lebih mutakhir, performa Snapdragon rata- rata lebih cepat dan penggunaan dayanya lebih efektif.

Processor Mediatek vs Snapdragon, Siapa Lebih Baik?

Salah satu perbandingan yang sangat mencolok dari Mediatek vs Snapdragon adalah dari segi harga. Harga processor Snapdragon lebih mahal dibandingkan Mediatek. Dengan spesifikasi yang sama, harga Snapdragon dapat 2 kali lebih mahal dibandingkan Mediatek.

Apa Keunggulan Processor Snapdragon?

Tidak dapat dipungkiri secara universal, keunggulan Snapdragon dibandingkan Mediatek merupakan dari performanya. Snapdragon tidak cuma fokus untuk menghasilkan processor dengan core CPU yang banyak dan kencang, tetapi juga komponen pendukung lain seperti GPU dan ISP ataupun Image Signal Processor.

Kualitas grafis Snapdragon cenderung lebih baik sebab didukung GPU ataupun Graphics Processing Unit yang lebih mutahir. Tidak hanya itu, hasil gambar HP yang memakai Snapdragon kerap lebih baik sebab teknologi ISP processor Snapdragon senantiasa ditingkatkan. Banyaknya hal yang ditingkatkan membuat processor Snapdragon terkadang lebih mahal dibandingkan Mediatek. Sebagai bonus, mayoritas HP kelas flagship juga cenderung lebih memilah processor Snapdragon daripada Mediatek.

Perbedaan Processor Mediatek vs Snapdragon

Mana yang lebih baik antara processor Mediatek vs Snapdragon? Jika dari segi harga, processor Mediatek lebih murah dibandingkan Snapdragon. Jika kamu lagi mencari HP murah tetapi kencang, kamu dapat cari HP yang gunakan processor Mediatek. Tidak hanya harga, masih banyak perbandingan antara Mediatek dan Snapdragon.

Performa Processor dan Grafis

Di dalam processor terdapat 2 chip berarti ialah CPU dan GPU. CPU terdiri dari beberapa core yang memiliki kecepatan berbeda dan berperan mengendalikan seluruh komponen di dalam processor. GPU berperan dalam pengolahan grafis. GPU merupakan kependekan dari Graphics Processing Unit. GPU bekerja seperti VGA pada Komputer Desktop ataupun laptop.

Performa GPU Mediatek relatif lebih rendah dibandingkan Snapdragon. Sebab lebih rendah, processor Mediatek memakan RAM lebih sedikit. Sedangkan, processor Snapdragon dapat merender grafis lebih baik dan membuat kesan visual yang lebih lembut. Tetapi sayangnya, processor Snapdragon komsumsi lebih banyak RAM.

Alasan Snapdragon lebih boros RAM sebab GPU- nya tidak dibekali dedicated VRAM. Saat beroperasi, GPU Adreno yang dipakai Snapdragon akan memakan RAM inti kepunyaan HP itu sendiri. Oleh sebab itu, supaya grafis Snapdragon lebih optimal wajib dibarengi dengan kapasitas RAM besar. Akhirnya, processor Mediatek lebih hemat RAM tetapi kualitas grafisnya tidak sebaik Snapdragon.

Varian Produk

Dari segi varian produk, Snapdragon memiliki lebih banyak varian dibandingkan Mediatek. Pada tahun 2017, Mediatek kurangi penciptaan processor kelas atas, dan lebih fokus membuat processor kelas menengah. Teruji kalau di tahun 2018, Mediatek cuma fokus pada satu seri processor ialah seri Helio P saja. Di sisi lain, processor Snapdragon lebih banyak menghasilkan varian processor baru.

Snapdragon banyak menghasilkan varian produk baru, mulai dari seri 400 untuk pendatang baru, seri 600 untuk menengah, seri 700 yang ialah tipe terkini untuk menengah ke atas, dan seri 800 untuk kelas menengah atas ataupun premium. Di akhir 2018, Snapdragon juga kembali memperbarui seluruh lini produknya. Salah satu produk yang sangat menarik atensi merupakan Snapdragon 855 sebagai tipe terkini dari Snapdragon 845. Processor terkini yang luar biasa kencang ini diklaim dapat menandingi processor A12 Bionic kepunyaan Apple iPhone Xs.

Pada akhirnya, processor Snapdragon lebih bervariatif daripada Mediatek. Tidak hanya itu, Snapdragon juga menyasar banyak segmen, tidak seperti Mediatek cuma fokus ke kelas menengah saja.

Mediatek vs Snapdragon, Mana Lebih Baik?

Jadi bagusan mana? Mediatek vs Snapdragon? Dilihat dari kesimpulan di atas, Snapdragon memanglah lebih baik daripada Mediatek. Banyak varian produk dan performa lebih kencang jadi alasan mengapa Snapdragon lebih baik. Terlebih jika kamu ingin membeli HP kelas flagship pasti saja opsi processor sangat sempurna merupakan Snapdragon. Tetapi saat berbicara tentang HP kelas menengah, Mediatek dan Snapdragon masih sama baiknya. Sebab Mediatek lebih fokus ke segmen ini, pasti saja membuat performanya tidak berbeda jauh dari Snapdragon.

Demikian postingan tentang Perbedaan Processor Mediatek vs Snapdragon, apakah kamu sudah menentukan ingin membeli HP dengan processor jenis apa? Jangan lupa berikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Buka komentar
Tutup komentar

Belum ada Komentar untuk "Processor Mediatek vs Snapdragon, Siapa Lebih Baik?"

Posting Komentar

Subcribe

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel