About

6 Kebiasaan Ini Buat HP Kamu Cepat Rusak

6 Kebiasaan Ini Buat HP Kamu Cepat Rusak

Bagaimakah keadaan smartphone milikmu saat ini? Apakah masih baik- baik saja ataupun telah rusak?

Umumnya, kerusakan sebuah HP diakibatkan oleh kecerobohan pengguna. Akibat keteledoran kita sendiri, terpaksa kita wajib menghasilkan banyak biaya untuk bayaran servis ataupun membeli smartphone baru. Rugi, kan?

Ingin tahu kebiasaan kurang baik apa yang dapat membuat gadget kita cepat rusak? Dan apa saja tips untuk menghindarinya?

1. Sering menjatuhkan ponsel

6 Kebiasaan Ini Buat HP Kamu Cepat Rusak

Berbeda dengan 20 tahun sebelumnya, ponsel era saat ini mempunyai desain yang tipis dan minimalis. Hal ini ternyata memiliki konsekuensi tertentu, yaitu layar smartphone lebih cepat retak dan rusak. Walaupun layar dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass sekalipun, apabila kerap dijatuhkan gadget kita akan cepat rusak.

Akibat sering terjatuh, bukan cuma layar yang akan rusak. Namun, lensa kamera (depan ataupun belakan), soket earphone dan soket pengisian energi juga rentan rusak, tutur halaman A New Cellphone. Jika lensa kamera yang terserang, dapat membuat hasil foto blur dan tidak fokus. Bukan cuma bagian luar, bagian dalamnya juga rentan rusak!


2. Membiarkan suhunya sangat panas ataupun sangat dingin

6 Kebiasaan Ini Buat HP Kamu Cepat Rusak

Menyimpan HP di dashboard mobil dapat membuat gadget kita overheat. Bukan cuma temperatur panas yang mesti dihindari, namun juga temperatur yang sangat dingin. Rata- rata, temperatur internal smartphone berkisar antara 37- 43°C, ungkap halaman AVG. Sedangkan, temperatur sempurna yang diperlukan yaitu 0- 35°C, anjuran halaman Angkatan Laut(AL) Priority.

Tidak hanya itu, bermain permainan juga dapat membuat baterai cepat panas dan memunculkan overheat. Terlebih, jika dicoba sampai berjam- jam. Di sisi lain, jika temperatur pada gadget sangat rendah, elektron dalam cairan elektrolit baterai tidak dapat menciptakan arus yang cukup untuk menyuplai energi. Jadi pastikan HP kamu berada pada suhu yang ideal ya!


3. Memakainya tiap saat

6 Kebiasaan Ini Buat HP Kamu Cepat Rusak

Berapa jam dalam satu hari kalian menggunakan smartphone? Jika kalian memakainya tiap saat dan hanya menyudahi barmain saat tidur, bisa saja jika ternyata kamu sudah kecanduan HP. Menggunakan HP secara terus menerus akan meningkatkan risiko kerusakan HP dikarenakan suhu panas, jelas halaman Tech Republic. Tidak hanya itu, sangat adiktif terhadap HP juga kurang baik untuk keadaan psikologis kita.

Sesekali, kalian butuh mematikan HP untuk sesaat, misalnya 30 menit hingga 1 jam. Kemudian, hapus cache untuk melepaskan memori. Gunanya ialah untuk memperpanjang umur smartphone dan membuat performa HP bertambah. Mematikan HP secara berkala juga bermanfaat biar kita tidak merasa tergantung pada gadget selalu.

 

4. Membiarkan memori HP penuh

6 Kebiasaan Ini Buat HP Kamu Cepat Rusak

Di masa saat ini, memori internal berdimensi 32 GB dapat penuh dalam waktu yang pendek. Apa yang perlu dicoba saat memori penuh? Pertama, cepat-cepatlah lakukan back- up, seperti memindahkannya ke laptop ataupun harddisk. Dapat juga mengunggah file di layanan cloud seperti Google Drive ataupun Dropbox.

Akan timbul banyak masalah saat kalian membiarkan memori HP penuh. Seperti, tidak dapat mengunduh ataupun memperbarui aplikasi sampai membuat HP melambat dan kinerjanya menyusut, ungkap halaman PSafe, industri aplikasi yang didirikan pada tahun 2010. Tidak hanya itu, kalian dapat mengatasinya dengan membeli memori microSD baru!

 

5. Mengabaikan malware

6 Kebiasaan Ini Buat HP Kamu Cepat Rusak

Apakah kalian pernah mengunduh aplikasi yang tidak jelas? Terlebih, jika dicoba di luar toko aplikasi resmi, seperti Google Playstore ataupun AppStore. Para peretas kerap memasukkan virus dan malware ke dalam aplikasi. Tidak hanya itu, malware dapat diperoleh dari link mencurigakan yang dikirim secara acak ke email kita, jelas halaman Security Metrics.

Bukan cuma itu, malware juga dapat diperoleh saat kita terhubung ke WiFi publik yang bisasaja tidak memiliki sistem keamanan yang cukup. Apabila HP telah terkena oleh malware, peretas akan dengan leluasa mengambil informasi pribadi kita, seperti no rekening dan PIN! Tidak hanya itu, malware juga dapat membuat peforma ponselmu menurun..

 

6. Melakukan root secara sembarangan

6 Kebiasaan Ini Buat HP Kamu Cepat Rusak

Keistimewaan Android dibandingkan iOS merupakan kemampuannya untuk melakukan root. Simpelnya, rooting dicoba untuk menghapus batas dan menemukan akses penuh ke sistem operas. Android yang telah di- root mempunyai kontrol lebih besar atas pengaturan, fitur, dan kinerja ponsel, jelas halaman Life Wire.

Keuntungan yang lain yakni dapat melepaskan cukup banyak memori, menghapus aplikasi bawaan smartphone, dapat melaksanakan aplikasi spesial dan dapat mengustom ROM. Di sisi lain, terdapat banyak dampak kurang baik melakukan rooting. Ialah membatalkan garansi, rentan terkena virus, performa menyusut dan berisiko mengganggu device.

 

Demikianlah ulasan 6 kebiasaan yang membuat HP kamu cepat rusak. Sebisa mungkin hindarilah 6 kebiasaan tadi ya! Apakah kamu punya pengalaman soal pemakaian ponsel? Jangan lupa berikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Buka komentar
Tutup komentar

Belum ada Komentar untuk "6 Kebiasaan Ini Buat HP Kamu Cepat Rusak"

Posting Komentar

Subcribe

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel